Semua Orang Bisa Jadi Wartawan, Medianya Blogging - Romeltea Media

Semua Orang Bisa Jadi Wartawan, Medianya Blogging

Romel Tea   Follow @romel_tea   Like RomelteaMedia on Facebook

Semua Orang Bisa Jadi Wartawan, Medianya Blogging
Semua orang bisa menjadi jurnalis. Cara membuat situs berita berbasis blog pun sangat mudah.

 ERA internet dan media sosial membuat semua orang bisa menjadi wartawan. Everybody can be journalist!

Bukan wartawan dalam pengertian "wartawan profesional" sebagaimana definisi dalam UU Pers, tapi wartawan dalam pengertian "teknis": produksi informasi, menulis berita, dan menyebarkannya.

Era internet juga menjadikan semua orang menjadi "publisher", dalam pengertian tadi --produksi informasi, menulis berita, dan menyebarkannya. "Anyone can be a publisher," tulis Herarld.

Kini, di media internet, dengan mudah orang menyebarkan informasi apa saja. Internet pun bersikap "demokratis" --memperlakukan semua informasi sama-sama muncul, tampil, tak peduli siapa dan bagaimana kualitas orang yang menulisnya.

Dalam Manifesto Internet juga disebutkan, internet adalah kemenangan informasi. Saat ini setiap orang, melalui internet, dapat menginformasikan diri mereka lebih baik dari sebelumnya.

Kebebasan Internet tidak dapat diganggu-gugat. Memblokir akses ke Internet dinilai “membahayakan aliran bebas informasi” dan merusak “hak dasar tentang menentukan informasi sendiri”.

Tidak hanya di media sosial, semua orang juga bisa memerankan diri sebagai wartawan layaknya jurnalis profesional yang bekerja di perusahaan media atau lembaga/perusahaan pers.

Medianya adalah blog, situs web atau halaman pribadi (personal web page) yang bisa bersaing di mesin telusur (search engine) dengan situs-situs besar dengan Teknik Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO).

"I think of us as journalists; the medium we work in is blogging," kata Joshua Micah Marshall, wartawan dan blogger Amerika, dikutip Income Diarry.

Blog platform Blogger atau CMS WordPress kini dengan mudah bisa "disulap" atau menjelma menjadi media online dalam arti situs berita (news site).

Jika dikelola oleh blogger yang piawai menulis dan menguasai teknik jurnalistik, maka situs berita berbasis blogger tersebut bisa bersaing dengan media-media komersial di internet.

Cara Membuat Situs Berita Berbasis Blogger

Cara membuat situs berita berbasis blog sangat mudah:
1. Buat Blog
2. Gunakan Template Magazine News Style
3. Lakukan Custom Domain agar terkesan profesional.
4. Isi blog dengan berita aktual layaknya situs berita.

Situs-situs berita berbasis blog itulah yang belakangan "meresahkan" Dewan Pers dan media-media arus utama (mainstream).

Jelas, kini Semua Orang Bisa Jadi Wartawan. Medianya Blogging.

Ada sudah ngeblog? Jika belum, Anda hanya menjadi "objek" yang diombang-ambing banjir informasi internet. Ayo, jadi subjek dengan blogging! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Related Posts

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

2 Komentar untuk "Semua Orang Bisa Jadi Wartawan, Medianya Blogging"

Saya sedang menjadi seorang blogger yang memperdalam ilmu seo. Salam kenal mas

salam kembali....

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.