August 3, 2015

Kelebihan Ngeblog Dibandingkan Facebookan

By Romeltea | Published: August 3, 2015

blogging vs facebook
Posting di Blog, lalu share di Facebook & Twitter, lebih baik ketimbang hanya update status atau share langsung. Blogging juga bisa dapet duit lho!

SAYA jarang banget update status Facebook dan Twitter. Namun, ada yang bilang, saya aktif banget di kedua media sosial itu. Hah?

O.... saya "difitnah" aktif alias "esksis" karena seringkali ada link posting blog yang "saya share" di Facebook dan Twitter, juga akun medsos lainnya seperti Linkedin.

Ketahuilah, sesungguhnya share posting berita atau artikel itu kebanyakan dilakukan secara otomatis. Saya hanya update posting di blog, lalu posting itu otomatis muncul di Facebook dan Twitter berkat kebaikan Networkedblogs dan/atau Deliver It.

Itulah salah satu kelebihan ngeblog (Lengkapnya baca: 20 Manfaat Blogging). Posting di Blog, lalu share di Facebook & Twitter. Itu lebih baik ketimbang hanya update status atau share langsung.

Anda pun bisa melakukannya. Ketimbang rajin share link berita, yang hanya menguntungkan situs-situs berita tersebut, lebih baik berita itu Anda muat dan ulas (komentari) lebih dulu di blog Anda, lalu share di akun Facebook/Twitter. Dengan begitu, Anda akan lebih "eksis" dan looks more professional!

Apalagi blogging bisa pasang iklan Google Adsense yang bisa mendatangkan jutaan rupiah. Itu akan mendatangkan passive income. Anda pun bisa menjadi Blogpreneur. Tips & Trik Blogging bisa dilihat di kategori Blogging.

Kelebihan Ngeblog Dibandingkan Facebookan

Berikut ini beberapa keutamaan blog dibandingkan Facebook.

1. Posting di blog lebih mudah ditemukan mesin pencari dan pembaca.
Jika Anda posting di Facebook, yang baca hanya sekitar 35% dari jumlah teman. Benar, di Facebook minimal akan dapet jempol (like). Bahkan ada 5 jempol dan 5 komentar saja sudah membuat Anda begitu bangga dan bahagia :)

Pembaca tulisan, foto, video, atau apa pun yang Anda share di blog akan lebih banyak ketimbang jempol & komen di Facebook dengan bantuan mesin pencari seperti Google. Hanya saja, pengguna tampak "malas" kasih komen di blog.

Posting lama Anda di Facebook harus ditemukan dengan cara "scroll" jauh ke bawah dan makin bawah. Posting lama di blog, juga tulisan dengan topik tertentu, akan mudah ditemukan di Kotak Pencarian ataupun Related Posts, Popular Posts, dan Internal Link serta Navigasi Menu lainnya.

2. Blogging lebih profesional ketimbang Facebookan

Blog berfungsi sebagai personal branding, juga unjuk keahlian. Makin banyak share wawasan dan keterampilan, Anda akan makin terpercaya dan orang pun akan datang merekrut, bermitra, atau menyewa Anda.

3. Koleksi Foto & Video Lebih Tertata
Anda menemukan foto dan video keren dan bermanfaat? Muat di blog Anda, sebutkan sumber, lalu share ke Facenook.

Galeri foto, video, produk akan lebih tertata dan lebih mudah dimuat di blog ketimbang hanya share di Facebook/twitter.

Masih banyak kelebihan ngeblog dibandingkan Facebookan. Ini bukan berarti Anda harus menutup akun FB Anda. Polanya diubah: tulis di blog, muat di blog, baru share ke Facebook!

Blog vs Facebook untuk Bisnis

Dalam konteks bisnis, sedikitnya ada 10 alasan mengapa menjalankan bisnis online melalui blog lebih menguntungkan ketimbang di Facebook. Laman Word View Editing menjelaskannya dengan baik lewat infografis berikut ini:

10 Reasons Business Bloggging is Better Than Facebook

Tunggu apa lagi? Segera Creat a Blog dan tetap mainkan media sosial Anda. Jadikan blog sebagai "hub" aktivitas internet Anda. Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Referensi:
http://wordviewediting.com/10-reasons-business-blogging-is-better-than-facebook-infographic/
http://www.sproutcontent.com/blog/facebook-versus-blogging-for-your-business
http://www.gusiff.com/marketing-posts/blogging-vs-social-media-heres-difference/
http://jalcommunication.com/blog-vs-facebook/ 
http://blog.prosemedia.com/blogging-vs-social-media-which-takes-center-stage/

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Kelebihan Ngeblog Dibandingkan Facebookan

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *