February 15, 2022

Microphone Terbaik untuk Podcast dan Vlog yang Saya Gunakan

By Romeltea | Published: February 15, 2022

Microphone Terbaik untuk Podcast dan Vlog yang Saya Gunakan

DI posting sebelumnya saya sudah berbagi tentang pembeliat alat content creator. Saya mulai coba aktif vlogging (bikin vlog) dan podcasting (bikin podcast), selain tetap blogging (ngeblog).

Untuk menjadi content creator video dan podcast --jadi vlogger, youtuber, podcaster, kita memerlukan alat utama yaitu mikrofon (microphone) atau mic.

Benar, mic sudah ada di laptop dan HP (smarthone), tapi mic bawaan laptop dan HP  'kan sandardar banget, didesain bukan untuk vlogging dan podcasting.

Untuk menghasilkan kualitas audio yang jernih, bagus, kita memerlukan mic eksternal. Edit audio juga diperlukan jika ingin hasilnya lebih bagus lagi.

Microphone Terbaik untuk Podcast dan Vlog 

Nah, berikut ini microphone terbaik untuk podcast dan vlog yang saya gunakan. Yang saya punya. Semuanya harganya di bawah 1 juta. Saya belum berani investasi microphone yang harganya jutaan. 

Saat ini saya memiliki lima microphone:

  1. Fifine K669B Mic - Rp650.000
  2. BM800 Microphone plus Stand - Rp175.000
  3. Mic Clip On for Android - Rp15.900
  4. DBE CM100 Clip On Mic - Rp99.000
  5. Mic Clip Wireless Lavalier M9 - Rp165.000

Anda bisa simak reviewnya di kanal Youtube Romeltea Media.

Semuanya saya beli via Tokopedia. Yang paling sering saya gunakan adalah FIFINE dan DBE CM100. Lainnya sesekali saja saya gunakan, terutama Mic Clip On M9 yang saya andalkan jika "syuting" di luar studio.

Sesuai dengan harga, mic paling bagus Fifine, namun terlalu sensitif menangkap suara dari luar. Justru yang bagus, lebih jernih, adalah BM800 dan DBE CM100.

Bahkan, BM800 cukup bagus ketika saya ujicoba rekaman (vlogging) saat hujan deras. Simak videonya:


Itu dia Microphone Terbaik untuk Podcast dan Vlog yang Saya Gunakan. Mungkin bisa jadi referensi bagi podcaster atau vlogger pemula, terutama yang "low budget". Wasalam.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Microphone Terbaik untuk Podcast dan Vlog yang Saya Gunakan

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *