April 10, 2019

5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

By Romeltea | Published: April 10, 2019

Sedikitnya ada 5 dasar SEO Blog untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembaca blog. Tips SEO ini untuk blogger pemula.


Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung


BLOG sepi pengunjung merupakan "tragedi" bagi blogger. Toko Online pun bisa "bangkrut" kalo sepi order karena sedikitnya pengunjung (visitor, user, pembaca).

Karenanya, perlu ikhtiar --plus doa, tawakal, dan sabar-- untuk bisa meningkatkan pengunjung blog kita.

Ikhtiar meraih pembaca blog sebanyak-banyaknya itu dinamakan Search Engine Optimization (SEO) atau "Optimisasi Mesin Pencari".

Mesin pencari yaitu sebutan bagi situs-situs yang biasa digunakan dalam web browser untuk mencari data, informasi, atau tulisan. Mesin pencari terkemuka di dunia yaitu Google, Yahoo, dan Bing. Ada juga yang "kurang populer" seperti Ask.com.

Nah... SEO itu adalah serangkaian tips dan trik agar blog kita cepat diindeks oleh para mesin pencari itu, lalu ditampilkan di peringat atas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page). Dengan meraih ranking tertas di SERP itulah blog kita akan dikunjung banyak user internet dan populer.

SEO Blog: Penting Banget!

Setiap blogger minimal harus mengetahui dasar-dasar SEO blog. Tidak mesti menjadi "SEO Expert" (Ahli SEO) untuk menjadi blogger andal nan sukses.

Pemahaman dasar tentang SEO ini agar tulisan (posting) blog kita terindeks dengan baik oleh mesin pencari, terutama Google.

Benar, content adalah raja (content is king) and desain atau tampilan blog adalah ratu (design is queen). Benar, kita harus fokus ke isi, tulisan atau konten berkualitas (quality content).

Tapi, di tengah persaingan ketat dengan blogger lain, dengan sesama penulis topik yang sama, kita membuhkan trik SEO agar konten berkualitas itu menjadi yang tercepat diindeks Google dan tampil di peringkat pertama SERP!

5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Pengunjung 

Setidaknya ada lima cara untuk meningkatkan ke-SEO-an blog yang berdampak pada peningkatan trafik atau jumlah pembaca. Ini untuk blog platform blogspot ya....!

1. Setting Blog dengan Baik

Settingan blog terkait SEO antara lain di "Dashboard Blog".

- Meta Description. Berisi gambaran konten atau isi blog, misalnya "Blog tentang kopmunikasi jurnalistik dan media".

Klik Setting > Basic.

Meta Description

- Search Preference. Bisa diisi sama dengan Meta Descriptions. 

Klik Setting > Search Preference (Preferensi Pencarian)

Preferensi Pencarian

Preferensi Pencarian

Preferensi Pencarian


- Setelah diisi, setiap menulis posting baru, nanti di sebelah kanan ada kolom "Search Description" (Deskripsi Pencarian) yang bisa diisi dengan "copas" judul posting ke sana.



2. Gunakan Template SEO Friendly

Ciri template ini a.l. Fast Loading, simple, ringan, dan sudah ada Meta Tag SEO, juga memiliki struktur data yang sesuai dengan standar Google. Lihat: Contoh Template Blog SEO.

3. Tentukan Kata Kunci 

Keyword memegang peran penting dalam SEO Blog. Kata kunci yaitu "tema" atau "topik" yang menggambarkan konten posting atau masalah yang dibahas. Saat membuat blog, juga saat akan menulis, tentukan kata kunci yang sekiranya dicari user.

4. Cantumkan Kata Kunci! 


Cantumkan atau masukkan kata kunci itu di judul, alinea pertama, di tengah naskah tulisan, dan sebelum alinea terakhir naskah tulisan, serta di permalink.

Menurut standar SEO, dalam satu tulisan hendaknya ada sekitar 2-3 persen kata kunci --dikenal dengan "kepadatan kata kunci" (keywords density).

5. Link Building

Link (tautan) adalah kekuatan media online, termasuk blog. Link akan memperkaya konten, melengkapi tulisan, dan memberi nilai tambah sebagai rujukan atau informasi tambahan bagi pembaca.

Pastikan tulisan Anda mengandung minimal satu internal link (tautan ke posting sebelumnya yang satu tema atau satu label) dan minimal satu eksternal link (tautan keluar, misalnya ke Wikipedia atau situs yang menjadi sumber).

Di atas semua dasar SEO Blog di atas, konten berkualitas tetap menjadi SEO utama, yaitu tulisan yang unik, orisinal, lengkap, detail, dan bila perlu panjang (long post). Content Will Always be The King!

Jika Anda mengalami kesulitan dalam masalah penerapan SEO, gunakan saja Jasa SEO  untuk meningkatkan trafik dan ranking website di Google.

Jangan Lupakan: User Friendly! 

Menaati kaidah menulis di media online --scannability (mudah dipindai) dan readability (mudah dibaca)-- juga memengaruhi SEO Blog.

Soalnya, mesin pencari "selalu berpihak" kepada user. Jelas dong, tanpa user apalah artinya mesin pencari?

Karenanya, buatlah tulisan yang mudah dipindai, mudah dibaca, dan gunakan gaya menulis di media online: rata kiri, alinea pendek (maksimal 5-6 baris per paragraf), ada jarak antar-alinea (white space), highlited (tebal, miring, warna), dll.

Baca: Kaidah Menulis Online.

Saran SEO

Anda yang punya blog toko online, juga website instansi/perusahaan, perkaya konten blog/web Anda dengan tulisan-tulisan yang berkualitas, asli, bukan copas, bermanfaat bagi pengunjung, dan sekiranya dibutuhkan atau dicari user.

Toko Online jangan melulu berisi produk atau jasa, tapi juga lengkapi dengan tips, trik, atau ulasan tentang hal yang terkait produl/jasa.

Website lembaga/perusahaan/instansi pun demikian. Jangan melulu berisi kegiatan internal atau produk/jasa/layanan, tapi optimalkan Corporate Blogging! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

9 comments on 5 Dasar SEO Blog untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

  1. baru sadar dengan tips kelimanya mas, maturnuwun

    ReplyDelete
  2. kalau saya sehabis post artikel langsung submit ke google webmaster aja gan,

    ReplyDelete
  3. maaf uraiannya terlalu singkat, saya jadi bingung. Duduk perkaranya di hasil riset SERPIQ yang saya baca, justru menunjukkan jumlah pengunjung blog bisa meningkat karena artikelnya di halaman satu search engine. Kenapa berada di halaman satu ? data ini kemudian membedah artikel berdasar jumlah kata yang digunakan, ternyata yang masuk ke halaman satu search engine karena rata-rata jumlah katanya di atas 2000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut aku sih, banyak artikel yang jumlah katanya dibawah 2000 bisa masuk halaman satu search engine. Jadi ga jadi jaminan jumlah kata minimal 2000 bisa masuk halaman 1

      Delete
  4. sekarang algoritma google kayak gimana ya gan ,,, build blog baru indexnya sulit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting dasar seo di atas masih berlaku, plus daftarkan ke Google search console untuk percepat indeks Google

      Delete
  5. saya menunggu post terbaru untuk update infonya

    ReplyDelete
  6. semoga bisa saya aplikasikan di web saya -A-

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *