April 1, 2020

Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog

By Romeltea | Published: April 1, 2020

Tips Menjadi Blogpreneur – Bekerja di Rumah dan Menghasilkan Uang Melalui Blog. Make Money Blogging.

Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog

ISTILAH blogpreneur belum sepopuler dua istilah yang membentuknya: blog dan entrepreneur. Namun, bisa jadi sudah banyak orang yang sebenarnya sudah menjadi blogpreneur, sekaligus bisnis online, tanpa menyadari bahwa dirinya seorang blogpreneur.

Orang yang ngeblog, lalu diterima menjadi publisher Google AdSense, maka sebenarnya ia sudah menjadi blogpreneur.

Demikian juga jika ada yang punya blog, lalu ikut program afiliasai (affiliate marketing), maka ia disebut blogpreneur.

Umumnya, motivasi awal ngeblog (blogging) itu sekadar menyalurkan hobi menulis, berbagi (share) pengetahuan atau pemikiran, atau ekspresi.

Berkah berbagi, blog banyak dikunjungi pengguna internet (user), lalu datanglah rezeki melalui iklan Google (Adsense), Affiliate Marketing, dan lainnya.

Jika ditekuni bahkan dijadikan andalan utama dalam penghasilan, maka jadilah full time blogger sebagai blogpreneur, yakni wirausahawan melalui blogging.

Setidaknya, saat ini  ada dua jenis blogger (bahasa Indonesia: bloger).

1. Personal Blogger

Blogger atau penulis yang sekadar aktualisasi diri, menyimpan catatan pemikiran, atau berbagi pengetahuan dan pengalamannya melalui blog atau website pribadinya.
2. Business Blogger

Blogger yang memang bertujuan merintis atau membangun bisnis online melalui blog, seperti blog toko online atau blog promosi produk/jasa/service.
Mayoritas blogger masuk dalam tipe pertama, namun diam-diam berharap bisa mengembangkan blognya menjadi lahan bisnis online.

Pengertian Blogpreneur 

Istilah populer blogpreneur adalah “make money blogging” atau menghasilkan uang melalui blog.

Jika Anda membuat blog di Blogger, ketika blog sudah banyak pengunjung, minimal 250 pengunjung unik (unique visitor) per hari, maka akan muncul menu “Earning” (Penghasilan) di Dashboard Blogger untuk memudahkan admin atau pemilik blog menjadi publisher Google Adsense.

menu earning blogger

Selengkapnya: Menghasilkan uang dengan blog Anda

Blogpreneur terdiri dari dua kata, blog dan entrepreneur. Blog adalah website pribadi untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan personal branding. Entrepreneur adalah wirausahawan atau orang yang memilili atau mengelola usaha sendiri.

Jadi, blogpreneur adalah orang yang berwirausaha atau menghasilkan uang melalui blog.

Blogpreneur menurut laman WP Explorer:

Blogpreneur
/bläɡprəˈnər/

noun; a person who operates a blog as a business, turning their interests and passion into a full time career, often times taking a financial risk to do so.

Blogpreneur versi saya adalah sebagai berikut:


1. Publisher Google Adsense 

Memasang iklan Google di blog. Perkiraan saya, berdasarkan pengalaman pribadi... rata-rata penghasilan blogger Indonesia dari AdSense, per bulan, antara 100-500 dolar Amerika.

2. Self-Promotion 

Promosi atau "jual diri" dengan menuliskan ide, pemikiran, dan tips seputar komunikasi praktis, media, jurnalistik, radio broadcasting, public speaking, dan sebagainya, lalu “panitia” menemukan saya di internet menilai “ini dia pembicara/pemateri/trainer yang kita cari!”.

Tips Menjadi Blogpreneur: Menghasilkan Uang Melalui Blog

Saya pernah diundang menjadi pemateri Kuliah Umum di UIN SGD Bandung dengan tema "Wirausahawan Online".

Menghasilkan Uang Melalui Blog

Dalam waktu satu jam --sebagaimana dialokasikan penyelenggara, saya sampaikan tips ringkas menjadi blogpreneur atau make money blogging sebagai berikut:

1. Membuat Blog

Creat a Blog. Buatlah Blog di Blogger milik Google agar langsung terintegrasi dengan AdSense sebagai target dan sumber penghasilan utama.

2. Pilih Niche Blog: Start with Your Passion!

Pilihlah niche atau topik konten blog sesuai dengan passion alias bakat dan minat. Anda hobi sepakbola, isilah blog dengan info seputar bola, dengan catatan: tulisan sendiri, asli, unik, lengkap, dan sebutkan sumber jika mengutip data/informasi dari situs lain.

Jika Anda suka kucing, maka buatlah blog tentang kucing. Jika Anda suka musik, buatlah blog tentang musik.

Jika Anda seorang mekanik, maka buatlah blog berisi tips seputar perawatan dan mengatasi masalah kendaraan bermotor. Begitu seterusnya.

3. Keahlian, Pengetahuan, dan Pengalaman.

Para blogger umumnya berbagi ilmu, keahlian, keterampilan, dan pengalaman. Semua orang punya keahlian masing-masing, juga pengalaman unik. Tuliskan itu di blog.

Ketika saya mau merokok di kamar hotel yang bertuliskan "No Smoking Room", maka saya Googling tentang "merokok di kamar no smoking room".

Beberapa orang membagikan pengalamannya! Saya juga. Simak deh: Pengalaman Merokok di Kamar Hotel No Smoking Room.

4. Gunakan SEO!

Search Engine Optimitization (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari adalah senjata utama blogger untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Banyak sekali blogger yang berbagi tentang Tips SEO. Mulailah dengan Tips SEO Dasar Blogger.

Kunci sukses blogpreneur adalah banyaknya pengunjung. Kian banyak pembaca, makin tinggi trafik dan/atau PageViews, maka makin besar peluang menjadi publisher AdSense dan mendapatkan penghasilan besar dari komisi iklan Google itu.

5. Niatkan Berbagi!

Ada nasihat menarik dari blogger sukses admin Daily Blog Tips. Disebutkan, jangan niatkan membuat blog untuk menghasilkan uang, tapi niatkan untuk berbagi. Baca juga tips terpopulernya: 28 Ways to Make Money with Your Website.

Saya jadi ingat ungkapan Dave Thomas: The more you give, the more you get in return. Makin banyak berbagi, maka kian banyak imbalannya!

6. Monetisasi Youtube

Jika Anda suka membuat video, upload ke Youtube, dan uangkan! Istilahnya: Monetisasi Video. Anda bisa memanfaatkan AdSense Youtube untuk dilinkan ke blog.

Blogpreneur merupakan peluang bagi pengangguran (jobless) --seperti saya-- untuk “tetap bertahan hidup” alias nyari duit, menafkahi diri dan keluarga.

Masih kurang penjelasan tentang tips menjadi blogpreneur? Dapatkan buku ini! Pesan ke penerbitnya: Nuansa.

Buku BlogPreneur ini berupa buku saku dan praktis untuk merintis bisnis online melalui blog.

Buku Blogpreneur
Demikian Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog. Berkerja di rumah. Work at Home.

Tertarik menjadi blogpreneur…? Just GO BLOGGING! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

12 comments on Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog

  1. terima kasih tipsnya, kalau ganti domain itu apa bisa tingkatkan trafik dan tingkatkan penjualan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, apalagi kalo ganti jadi nama domain sendiri, meningkatkan kredibilitas

      Delete
  2. ada tips untuk meningkatkan traffic enggak pak ? kalimat blogpreneur membuat saya penasaran pak hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, banyak, silakan klik Label Tips SEO

      Delete
  3. nice tips bro
    buat blogger pemula :)

    ReplyDelete
  4. Saya sudah membuat blog di blogger kudupinter. 2 bulan kemudian diterima adsense, udah 3 bulan ini saya belum mendapat uang . bagaimana cara agar cepet dapat uang pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbanyak konten berkualitas, perbanyak pengunjung, 1000 pengunjung per hari sudah bisa dapet duit

      Delete
  5. Permisi pak, ijin tanya, saya sudah berusaha seo on page dan off page, promsi ke media soail facebook (grup dan fanspage), ig, twitter, dan pinterest, juga blogwalking ke bbrapa situs membuat posting di forum2 nasional dan regional. Tapi trafic harian rata2 masih sekitar 200-300 pengunjung. Apakah ada saran untuk mendapatkan pengunjung ribuan ya pak? untuk konten juga sudah saya maksimalkan dalam penulisan artikel. terimakasih. khairpedia[.]blogspot[.]com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tingkatkan dengan custom domain, gunakan nama domain sendiri

      Delete
  6. Assalamualaikum, Mas Mau tanya gimana cara memasangkan privasy Polys, Disclaimer, Sitemap di laman blogger Mas, Terima kasih atas Penjelasannya dan bisa dibuat tutorial mas seperti memasang link sosial media,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam wr wb.
      1. Bikin dulu halaman About, Diclaimer, Sitemap, dll.
      2. Pasang linknya di Menu. Misalnya: About

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *