Menulis

Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog

Posted by Romel Tea ● Follow @romeltea ● Like Romeltea Media on Facebook

Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang melalui Blog
Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog. Make Mone Blogging.

ISTILAH blogpreneur belum sepopuler dua istilah yang membentuknya: blog dan entrepreneur. Namun, bisa jadi sudah banyak orang yang sebenarnya sudah menjadi blogpreneur tanpa menyadari bahwa dirinya seorang blogpreneur.

Orang yang ngeblog, lalu diterima menjadi publisher Google AdSense, maka sebenarnya ia sudah menjadi blogpreneur.

Demikian juga jika ada yang punya blog, lalu ikut program afiliasai (affiliate marketing), maka ia disebut blogpreneur.

Umumnya, motivasi awal ngeblog (blogging) itu sekadar menyalurkan hobi menulis, berbagi (share) pengetahuan atau pemikiran, atau ekspresi.

Berkah berbagi, blog banyak dikunjungi pengguna internet (user), lalu datanglah rezeki melalui iklan Google (Adsense), Affiliate Marketing, dan lainnya. Jika ditekuni bahkan dijadikan andalan utama dalam penghasilan, maka jadilah full time blogger sebagai blogpreneur, yakni wirausahawan melalui blogging.

Make Money Blogging: Menghasilkan Uang dengan Ngeblog

Istilah populer blogpreneur adalah “make money blogging” atau menghasilkan uang melalui blog.

Jika Anda membuat blog di Blogger, ketika blog sudah banyak pengunjung, minimal 250 pengunjung unik (unique visitor) per hari, maka akan muncul menu “Earning” (Penghasilan) di Dashboard Blogger untuk memudahkan admin atau pemilik blog menjadi publisher Google Adsense.

Selengkapnya: Menghasilkan uang dengan blog Anda

Setidaknya, saat ini  ada tiga jenis blogger:
  1. Personal Blogger -- Blogger atau penulis yang sekadar aktualisasi diri, menyimpan catatan pemikiran, atau berbagi pengetahuan dan pengalamannya melalui blog atau website pribadinya.
  2. Business Blogger -- Blogger yang memang bertujuan merintis atau membangun bisnis online melalui blog, seperti blog toko online atau blog promosi produk/jasa/service.
  3. Mayoritas blogger masuk dalam tipe pertama, namun diam-diam berharap bisa mengembangkan blognya menjadi lahan bisnis online.
Blogpreneur versi saya adalah
  1. Publisher Google Adsense –memasang iklan Google di blog. Perkiraan saya, berdasarkan pengalaman pribadi... rata-rata penghasilan blogger Indonesia dari AdSense, per bulan, antara 100-500 dolar.
  2. Self-Promotion – promosi atau "jual diri" dengan menuliskan ide, pemikiran, dan tips seputar komunikasi praktis, media, jurnalistik, radio broadcasting, public speaking, dan sebagainya, lalu “panitia” menemukan saya di internet menilai “ini dia pembicara/pemateri/trainer yang kita cari!”.

Tips Menjadi Blogpreneur

Belum lama ini saya diundang menjadi pemateri Kuliah Umum (Studium General) di UIN Bandung dengan tema Wirausahawan Online.

Dalam waktu satu jam, saya sampaikan tips ringkas menjadi blogpreneur atau make monye blogging sebagai berikut:

1. Membuat Blog.

Creat a Blog. Buatlah di Blogger milik Google agar langsung terintegrasi dengan AdSense sebagai target dan sumber penghasilan utama.

2. Pilih Niche Blog: Start with Your Passion!

Pilihlah niche atau topik konten blog sesuai dengan passion alias bakat dan minat. Anda hobi sepakbola, isilah blog dengan info seputar bola, dengan catatan: tulisan sendiri, asli, unik, lengkap, dan sebutkan sumber jika mengutip data/informasi dari situs lain.

Jika Anda suka kucing, maka buatlah blog tentang kucing. Jika Anda suka musik, buatlah blog tentang musik. Jika Anda seorang mekanik, maka buatlah blog berisi tips seputar perawatan dan mengatasi masalah kendaraan bermotor. Begitu seterusnya.

3. Keahlian, Pengetahuan, dan Pengalaman.

Para blogger umumnya berbagi ilmu, keahlian, keterampilan, dan pengalaman. Semua orang punya keahlian masing-masing, juga pengalaman unik. Tuliskan itu di blog.

Ketika saya mau merokok di kamar hotel yang bertuliskan "No Smoking Room", maka saya Googling tentang "merokok di kamar no smoking room". Beberapa orang membagikan pengalamannya! Saya juga. Simak deh: Pengalaman Merokok di Kamar Hotel No Smoking Room.

4. Gunakan SEO!

Search Engine Optimitization (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari adalah senjata utama blogger untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Banyak sekali blogger yang berbagi tentang Tips SEO. Mulailah dengan Tips SEO Dasar Blogger.

Kunci sukses blogpreneur adalah banyaknya pengunjung. Kian banyak pembaca, makin tinggi trafik dan/atau PageViews, maka makin besar peluang menjadi publisher AdSense dan mendapatkan penghasilan besar dari komisi iklan Google itu.

5. Niatkan Berbagi!

Ada nasihat menarik dari blogger sukses admin Daily Blog Tips. Disebutkan, jangan niatkan membuat blog untuk menghasilkan uang, tapi niatkan untuk berbagi. Baca juga tips terpopulernya: 28 Ways to Make Money with Your Website.

Saya jadi ingat ungkapan Dave Thomas: The more you give, the more you get in return. Makin banyak berbagi, maka kian banyak imbalannya!

6. Monetisasi Youtube

Jika Anda suka membuat video, upload ke Youtube, dan uangkan! Istilahnya: Monetisasi Video. Anda bisa memanfaatkan AdSense Youtube untuk dilinkan ke blog.

Blogpreneur merupakan peluang bagi pengangguran (jobless) --seperti saya-- untuk “tetap bertahan hidup” alias nyari duit, menafkahi diri dan keluarga.

Simak juga Video Make Money on Blogger with Google AdSense berikut ini:



Tertarik menjadi blogpreneur…? Just GO BLOGGING! Wasalam. (www.romelteamedia.com).*

Author:

I am a Blogger, Media Practisioner, and Practical Communication Trainer. I share my own knowledges, experiences, and skills about practical communication - writing, speaking, blogging - and my hobbies and concerns. Visit my official website Romeltea.

Previous
« Prev Post
4 Komentar untuk "Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog"

terima kasih tipsnya, kalau ganti domain itu apa bisa tingkatkan trafik dan tingkatkan penjualan?

Bisa saja, apalagi kalo ganti jadi nama domain sendiri, meningkatkan kredibilitas

ada tips untuk meningkatkan traffic enggak pak ? kalimat blogpreneur membuat saya penasaran pak hehe :)

nice tips bro
buat blogger pemula :)

You comment, I'll visit back your blog. If you have one. Komentar SPAM dan LINK AKTIF tidak akan muncul.